Wisata Budaya 2011 Di Pelosok Nusantara #2

Baca dulu bagian satu: Wisata Budaya 2011 Di Pelosok Nusantara #1.

Pesta Danau Toba 2011

Pesta Danau Toba yang sudah menjadi kalender wisata nasional tahun ini akan menginjak tahun ketiga. Berbeda dengan dua pelaksanaannya pada tahun 2009 dan 2010 yang berlangsung selama empat hari penuh, maka Pesta Danau Toba 2011 akan dilangsungkan selama tiga bulan.

Pesta Danau Toba menampilkan beragam atraksi budaa dan hiburan rakyat. Antara lain pagelaran budaya dan musik tradisional, festival Gondang, Festival Suling Tradisional, Festival Lawak Daerah, Opera Batak, dan Tao Toba Star. Sedangkan Festival Permainan Rakyat menyajikan antara lain Lomba Loma Marjalekkat, Solu Dakdanak Pardua-dua, Parade Kapal Hias Tradisional, serta Margala.

Tak hanya pentas atraksi wisata dan hiburan rakyat, sebab wisatawan juga bisa menyaksikan dan mengikuti Rally wisata rute Medan – Parapat dan X-Trim Lake Toba Trail Adventure Sports, rute Siantar – Parapat – Samosir.

Pesta Siti Nurbaya

Dari Tanah Minang yang kondang dengan hikayat Siti Nurbaya, pemerintah kota melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Padang, Sumatera Barat, pada awal Juli tahun ini akan menggelar sebuah kegiatan budaya yang menarik berupa Festival Siti Nurbaya. Festival yang terhitung untuk pertama kalinya diadakan di Padang ini, akan lebih banyak mengangkat tema budaya dan tradisi adat di Sumatera Barat. Menurut kepala dinas kebudayaan dan pariwisata Padang, pihaknya sudah berencana menggelar event budaya dan pariwisata berskala nasional yang dipusatkan di Pantai Padang.

Pembukaan festival tersebut rencananya akan dilangsungkan pada 3 juli mendatang dan secara resmi dibuka oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik. Sebelum pemnukaan, pada tanggal 1 dan 2 Juli diadakan lomba pemilihan tokoh Siti Nurbaya. Pesertanya hanya dari kaum hawa.

Festival Siti Nurbaya sendiri akan berlangsung selama 9 hari yakni dari 1-9 Juli 2011. Secara umum, event wisata budaya tersebut memiliki tiga kegiatan pokok, yakni seni tradisi pakaian dan pertunjukan kuliner khas Sumatera Barat. Festival Siti Nurbaya kelak akan menjadi agenda wisata tahunan di Padang dan menjadi ikon wisata Sumatera Barat. Festival yang didanai dari APBD dengan anggaran Rp. 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah) ini juga diisi dengan pagelaran seni tarian dan randai serta berbagai lomba.

Lomba yang akan digelar, berupa lomba baju kurung basiba, membuat jus pinang muda, menggiling cabe, mengukur kelapa, membuat lemang, pacu sendal tempurung, nyanyi Minang serta lomba Maelo Pukek (menarik pukat). –Bersambung– (Sumber: Man’s Obsession April 2011)

5736 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply