Wisata Favorit di Berau Kalimantan Timur

Sebelum membahas daftar tempat wisata yang menjadi destinasi favorit di Berau, kita akan bahas terlebih dahulu bagaimana cara mengakses Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini. Dengan jalur udara, kini Berau sudah dilayani oleh setidaknya 4 maskapai penerbangan, yaitu: Sriwijaya Air, Batavia Air, Trigana Air dan Kalstar.

Atau, bisa juga menggunakan alternatif dengan rute penerbangan Balikpapan – Tarakan – Berau. Jika menggunakan jalur darat dari Balikpapan, dibutuhkan waktu tempuh selama kurang lebih 10 hingga 12 jam perjalanan.

[1] Pulau Derawan

Daya tarik Pulau Derawan antara lain adalah pasir putihnya dengan laut yang jernih. Pulau Derawan juga dikenal sebagai tempat penyu bertelur dan pengunjung dapat dengan bebas berenang bersama dengan penyu-penyu yang jinak tersebut. Panorama sunrise dan sunset juga teramat sayang untuk dilewatkan jika sudah di Pulau Derawan.

Fasilitas wisata cukup lengkap, seperti adanya resort, penginapan dan homestay yang bisa disesuaikan dengan budget jalan-jalan Anda. Untuk kuliner, cinderamata serta berbagai olah raga air seperti diving, snorkeling, banana boat, jetski layar hingga memancing, lengkap tersedia dan dapat dilakukan di Pulau Derawan.

Untuk mengakses Pulau Derawan, kita dapat menggunakan mobil atau kendaraan carter dari Tanjung Redeb menuju Tanjung Batu selama dua setengah jam, lalu dilanjutkan dengan speedboat selama hampir 20 menit menuju Pulau Derawan. Dari Tanjung Redeb juga bisa mencarter speedboat langsung menuju ke Pulau Derawan dengan waktu tempuh dua setengah jam.

[2] Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki terkenal sebagai pulau tempat bertelurnya penyu dan habitat dari manta ray. Pantainya memiliki pasir putih dan ekosistem terumbu karangnya beraneka warna. Di Asia Tenggara, Pulau Sangalaki adalah tempat peneluran penyu terbesar. Dan jika memiliki kemampuan untuk diving, maka peluang melihat sekawanan Manta Ray akan sangat besar.

Pulau Sangalaki memiliki sebuah dive resort yang dikelola oleh PT. Sangalaki Manta Paradise dan Pusat Riset dan Monitoring Penyu. Untuk bisa masuk ke Pulau Sangalaki, akan dikenakan tarif per kunjungan.

Akses menuju Pulau Sangalaki bisa ditempuh baik melalui jalur darat maupun langsung melalui jalur laut. Dengan mobil dari Tanjung Redeb menuju Tanjung Batu selama 2,5 jam dan melanjutkan dengan speedboat selama 60 menit, atau langsung menyewa speedboat dari Tanjung Redeb menuju Pulau Sangalaki selama kurang lebih 3 jam perjalanan.

[3] Pulau Maratua

Pulau Maratua merupakan pulau terluar dari pulau penyelam di Berau, dan mendapatkan julukan sebagai “the big fish country” karena sering sekali ditemukan sekumpulan ikan besar seperti hiu dan barakuda. Keindahan terumbu karangnya sangat eksotis, dan kita juga bisa berbaur dengan kehidupan asli masyarakat Bajau. Hutan khas pulau atol juga bisa ditemui di Pulau Maratua.

Meskipun kita bisa menginap di beberapa akomodasi yang dimiliki oleh Dive Resort Maratua Paradise, Nabucco, atau Mitra Kaltim, kita juga bisa memilih penginapan dengan budget yang lebih murah dengan tinggal di homestay yang dikelola oleh masyarakat lokal.

Seperti halnya cara mencapai Pulau Derawan dan Pulau Sangalaki, kita bisa menempuh Pulau Maratua dengan jalur darat dan laut. Jalur darat ditempuh melalui tanjung Redeb menuju Tanjung Batu selama 2,5 jam lalu dilanjutkan dengan speedboat selama 2 jam menuju Pulau Maratua. Atau, langsung sewa speedboat dari Tanjung Batu menuju Pulau Maratua, waktu tempuhnya sekitar 3,5 hingga 4 jam.

[4] Pulau Kakaban

Pulau Kakaban memiliki danau air payau yang dihuni oleh 4 jenis ubur-ubur yang tidak menyengat. Pulau Kakaban juga  sebagai tempat penyelaman yang memiliki gugusan terumbu karang yang sangat indah.

Sayangnya, Pulau Derawan hanya untuk dikunjungi saja, dan tidak memiliki fasilitas akomodasi. Penginapan hanya ada di Pulau Maratua, Pulau Sangalaki dan Pulau Derawan. Tetapi ada pelabuhan, jembatan trekking dan gazebo yang bisa dimanfaatkan di Pulau Kakaban.

Untuk mencapai Pulau Kakaban, dapat ditempuh dari Tanjung Batu selama 60 menit perjalanan. Dari Pulau Derawan menuju Pulau Kakaban dibutuhkan waktu 45 menit. Dari Pulau Sangalaki atau Pulau Maratua menuju ke Pulau Kakaban waktu tempuhnya hanya 25 menit, dan dari Tanjung Redeb langsung menuju Kakaban membutuhkan waktu 3,5 jam menggunakan speedboat.

6086 Total Views 3 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply