Wisata Hutan dan Jembatan Gantung Bukit Bangkirai, Kalimantan Timur

Banyaknya wisata alam, bisa anda nikmati bahkan hingga ke Kalimantan. Artikel ini akan membahas Bukit Bangkirai di Kalimatan Timur. Bukit ini sebenarnya adalah sebuah hutan, terletak diantara perjalanan dari Samarinda hingga Balikpapan. Tepatnya sih berada di wilayah kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Tenggarong. Unik wisata alam di bukit ini adalah anda akan menikmati hamparan pemandangan hutan yang luas cukup tinggi dari tanah. Ya, karena adanya jembatan gantung yang bisa anda nikmati sebagai andalan wisata hutan Bukit Bangkirai Kalimantan Timur.

Karena bukit Bangkirai ini juga terdapat hutan, sehingga jika anda telah berada di pintu masuk bukit, anda akan ditawarkan dua sistem wisata. Wisata penuh mengarungi bukit, atau dengan melalui jembatan gantung saja. Karena sistem wisata berbeda ini, wisata penuh tentu butuh dana yang lebih banyak dibandingkan hanya menikmati melalui jembatan gantung yang panjangnya antara 100 meter sampai 300 meter. Berapa harga retribusi untuk menaiki jembatan gantung ini? Anda bisa membayar sekitar Rp 15.000. Jembatan gantung ini cukup tinggi, setidaknya anda harus mempersiapkan diri dan nyali. Tingginya sekitar 30 meter dari atas tanah. Panjang jembatan tentu tidak lantas langsung sepanjang 100 meter. Tapi dibagi menjadi beberapa jarak. Ada 10-20 meter jarak antara pohon satu dengan yang lain sebagai penghubung jembatan gantung ini.

Soal penginapan? Anda tentu bisa menyewa penginapan di Kota Tenggarong atau di Balikpapan. Tapi jika anda benar-benar ingin berlama-lama di Bukit Bangkirai, disediakan rumah panggung sebagai penginapan yang dihargai beragam setiap rumahnya. Tentu fasilitas ini jauh dari cukup seperti hotel berbintang. Karena berbentuk rumah panggung, juga tidak seperti losmen pada kebanyakan. Harga mulai Rp 300.000,- untuk bisa menginap di penginapan di dekat bukit Bangkirai ini. Jika anda ingin bisa menginap di hotel yang berada di Balikpapan, seperti Hotel Santika yang dekat dengan Bandara Sepinggan, Hotel Aston, Hotel Novotel, Hotel Legrandeur, dan masih banyak lagi hotel yang bisa menjadi tempat anda beristirahat di Balikpapan. Kalau anda ingin menginap hotel di Tenggarong, anda bisa mengunjungi Hotel Singgasana Tangga Arung, Hotel Boutique Lesong Batu, Resort Kumala “Dekat Serasa Jauh” dan masih banyak hotel yang bisa anda datangi sebagai tempat menginap.

Namun lebih tepat bagi anda untuk bisa sampai ke Bukit Bangkirai dengan menginap di Balikpapan. Karena jarak untuk sampai ke Bukit Bangkirai adalah sekitar 50 kilometer atau 1 jam lebih 30 menit. Sehingga anda cukup menyewa rental mobil selama 1 hari untuk menikmati alam Bukit Bangkirai. Terdapat beberapa fauna langka di sini, seperti Burung Enggang yang sudah sangat sedikit jumlahnya. Ada orang utan juga yang tidak hanya bisa anda lihat di kebun binatang, disini anda bisa melihatnya secara bebas. Atau anda juga bisa menemukan ikan pesut, ikan langka. Dan masih banyak satwa lain yang dilindungi yang bisa anda lihat.

Flora pun, Bukit Bangkirai memiliki flora langka. Seperti kantung semar, jenis anggrek yang langka, pohon ulin, meranti merah, kayu hitam (eboni), kruing, dan bangkirai. Flora ini tentunya dapat anda lihat sebagai pemandangan menarik di hutan bukit Bangkirai. Bagi anda yang telah menikmati liburan di jembatan gantungnya, dan melihat-lihat di hutan, tepat juga saatnya anda membeli beberapa oleh-oleh khas Kalimantan. Berupa tenun khas Kalimantan, beberapa ukiran khas suku dayak, dan gantungan kunci serta aksesoris lain khas Kalimantan yang bisa anda miliki. (him)

57 Total Views 7 Views Today

Ayo Berkomentar Dengan Akun Facebook:

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *