Yuk Ke Air Terjun Sedudo Nganjuk

January 3rd, 2011 dalam kategori Jawa Timur ditulis oleh 0 Comments | 1,991 kali dibaca |

Air Terjun Sedudo berlokasi di Sawahan, Nganjuk. Dari Loceret, Anda bisa menuju Candirejo, ke Brebek dan naik terus sampai ke Kuncir. Sepanjang perjalanan Anda bisa menyaksikan pemandangan yang sangat indah, deretan pegunungan yang bertumpuk, dan terlihat bersebelahan saking dekatnya. Juga bisa Anda nikmati deretam bukit dan batu-batu besar.

Dulu, di kawasan Air Terjun Sedudo sangat dingin dan pohon-pohon cemara sangat rapat, pokoknya sejuk banget deh. Tapi sekarang, makin hari nampaknya tanaman sudah makin jauh berkurang, dan kondisi udara dingin sudah jauh berkurang, tak sedingin dulu.

Biaya masuk untuk menikmati objek wisata Air Terjun Sedudo adalah sebesar Rp. 3.000,- per orang. Cukup murah meriah. Loket pembelian tiket masuk ini masih dua kilo  meter menjelang objek wisata, jadi perjalanan harus dilanjutkan lagi. Jika dihitung, jarak totalnya sekitar 30 kilometer ke selatan dari Nganjuk.

Ketinggian lokasi objek wisata Air Terjun Sedudo sekitar 1438 meter di atas permukaan laut, jadi udara dan hawanya dingin tentu saja. Sedangkan air terjunnya sendiri tak terlalu tinggi, hanya sekitar 100 meter saja. Secara tradisional, masyarakat sekitar Air Terjun Sedudo masih memiliki kepercayaan mistis dan Air Terjun Sedudo banyak dikunjungi pada saat bulan Suro untuk mandi di air terjun guna memperoleh berkah awet muda.

Hingga kinipun, pemerintah daerah Nganjuk masih melakukan acara Mandi Sedudo, yaitu memandikan arca di upacara Parna Prahista di Air Terjun Sedudo dan memercikkan air sisa memandikan arca agar awet muda pada tanggal 1 Suro.

Untuk bisa mencapai air terjun, kita harus menuruni anak tangga yang lumayan tinggi dan harus dilakukan dengan hati-hati. Pun ketika berada di bawah air terjun ketika mandi di kolamnya, harus selalu waspada dengan adanya longsoran batu yang mungkin bisa terjadi kapan saja di setiap objek wisata air terjun.

Yang cukup khas dari objek wisata Air Terjun Sedudo  adalah adanya penjual nasi pecel dan nasi jagung yang bisa Anda nikmati. Jadi, tak perlu repot membawa makanan dan bekal dari rumah, karena dengan harga yang murah meriah, Anda sudah bisa kenyang menikmati makanan tersebut. (Gambar: Eastjava.com)

Leave a Reply